office, office desk, laptop

Bagaimana Cara Menghindari Sakit dan Nyeri Badan Saat WFH

Banyak dari kita mengira bekerja dari rumah hanya akan berlaku dalam waktu singkat. Tapi, tampaknya pekerjaan jarak jauh alias work from home atau wfh menjadi hal yang biasa tanpa akhir yang terlihat. Sayangnya bagi sebagian orang, seiring dengan kenyamanan bekerja dari rumah datanglah rasa sakit dan nyeri pada tubuh.

Rupanya duduk dalam waktu lama, bekerja membungkuk di atas meja dapur dan menyeimbangkan laptop sambil duduk bersila di sofa bisa berdampak buruk dalam bentuk stres fisik. Jika kamu tidak memiliki pengaturan ergonomis, kamu mungkin mempercepat masalah muskuloskeletal seperti nyeri bahu, leher dan punggung serta masalah pergelangan tangan dan kaki karena postur tubuh yang buruk.

Berikut beberapa masalah umum, dan cara menghindarinya.

  1. Bahu dan Leher Kamu Sakit

Solusi: Nyeri bahu dan leher sering terjadi saat kamu tidak memperhatikan postur tubuh saat bekerja. Gunakan meja dengan ketinggian yang tepat, dan letakkan monitor sejajar dengan mata dengan keyboard di tengah tepat di depan sehingga kamu dapat menjaga bahu dan leher dalam posisi netral. Pastikan meja yang kamu pilih memiliki permukaan yang cukup sehingga kamu dapat meletakkan barang-barang yang digunakan setiap hari dengan mudah dijangkau, seperti telepon, file, dan notes.

Jika kamu kesulitan mencari meja yang sesuai dengan tinggimu, penatarumah menyediakan jasa kostum furniture ya. Silahkan hubungi kami.

laptop, work space, home office
  1. Punggungmu Sakit

Solusi: Sakit punggung membuat banyak orang pergi ke dokter dan membungkuk di atas layar laptop dapat memperburuk keadaan. Membungkuk ke depan untuk mengetik di papan ketik dapat membuat punggung kamu tegang dan menekan tulang belakang, yang menyebabkan cedera. Duduklah di kursi yang memiliki penyangga pinggang yang tepat dan memungkinkan kamu untuk duduk dalam posisi sedikit bersandar.

office chair and desk
  1. Kram Kaki atau Kesemutan

Solusi: Jika kaki kamu kram, mungkin itu pertanda sirkulasi darah yang buruk. Dengan kata lain, otot kaki memberi tahu bahwa tidak memiliki suplai darah yang baik. Menurut para ahli, kram kaki dapat terjadi saat kamu berlutut atau bersandar pada kaki selama berjam-jam. Oleh karena itu, sebaiknya sesekali kamu berdiri dan melakukan peregangan untuk menghindari masalah ini.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Keranjang Belanja
0 Shares
Share via
Copy link
Powered by Social Snap